Sejarah
Komputer dan Perangkatnya ( Hardware dan Software)
Disusun
Oleh :
Ruli
Nurmala (1201413055)
Pendidikan
Luar Sekolah
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Universitas
Negeri Semarang
2013
Asssalamu’alaikum
Wr. Wb
Segala
puji bagi Allah Swt yang telah menolong hamba-Nya menyelesaikan makalah ini
dengan penuh kemudahan. Tanpa pertolongan Dia mungkin saya tidak akan sanggup
menyelesaikan dengan baik. Makalah ini disusun agar pembaca dapat memperluas
ilmu tentang “Sejarah Komputer dan Perangkatnya (Hardware dan Software)”, yang
saya sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini saya
susun dengan berbagai rintangan. Baik itu yang datang dari diri saya sendiri
maupun yang datang dari luar. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama
pertolongan dari Allah Swt akhirnya makalah ini dapat terselesaikan. Semoga
makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun
makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Saya mohon untuk saran dan
kritiknya. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb
Semarang,
20 November 2013
Penyusun
PENDAHULUAN
Zaman sekarang ini perkembangan teknologi komunikasi
semakin pesat. Teknologi berfungsi untuk memudahkan kehidupan manusia. Namun,
manusia secara umum hanyalah sebagai pemakai atau konsumen dari perkembangan
teknologi itu. Sebut saja komputer, komputer sudah dipakai manusia sejak lama
dan mempunyai sejarah tersendiri. Komputer juga memiliki perangkat lunak
(software) dan perangkat keras (hardware). Tetapi, manusia dalam menggunakan
komputer dan segala perangkatnya itu hanya sebagai pemakai dan pengembang
teknologi. Mereka jarang yang mengetahui bagaimana sejarah komputer dan
perangkat apa saja yang ada di dalamnya. Untuk menghadapi tantangan zaman
modern sekarang ini memang harus dibutuhkan kemampuan untuk menguasai
teknologi, namun disamping itu alangkah lebih baik apabila kita mengetahui
sejarah komputer dan perangkat lunak serta perangkat kerasnya. Maka dari itu,
penulis menyusun makalah ini agar para pembaca mamahami dan mengetahuinya.
1. Bagaimanakah
sejarah komputer ?
2. Apa fungsi
dan kegunaan komputer ?
3. Apakah
perangkat Hardware dan Software itu ?
1.
Untuk
mengetahui sejarah komputer
2.
Untuk
mengetahui fungsi dan kegunaan komputer
3.
Untuk
mengetahui perangakat keras dan perangkat lunak yang ada dalam komputer
PEMBAHASAN
Istilah komputer mempunyai arti yang
luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari
bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Menurut
Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan
beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi
yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta
menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985),
komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat
serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan
menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi
yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba
mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat
disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat
menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program
yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil
pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga
istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output).
Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan
data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data
adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat
berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya.
Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu
proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati,
yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari
suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari
suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses
manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi
dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Sejak dahulu kala, proses pengolahan
data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan
elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya
bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah
suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa
alat mekanik maupun elektronik.
Saat ini komputer dan piranti
pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer
yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan
matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang
mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan
panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang
mennghubungkan berbagai tempat di dunia.
Bagaimanapun juga alat pengolah data
dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan
besar.
1. Peralatan
manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor
terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan
Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan
dengan tangan secara manual
3. Peralatan
Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara
otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan
Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
Tulisan ini akan memberikan gambaran
tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data pada
golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan
dibahas secara lengkap pada tulisan ini.
·
KOMPUTER
GENERASI PERTAMA
Dengan terjadinya Perang Dunia
Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan
komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini
meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah
komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali
Pihak sekutu juga membuat kemajuan
lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan
komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan
kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu
mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama,
colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer),
ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini
dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.
Usaha yang dilakukan oleh pihak
Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken
(1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil
memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran
panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500
mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator,
atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal
elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi
dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak
fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat
melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
Perkembangan komputer lain pada masa
kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC),
yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.
Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder,
computertersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya
sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn
John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general
purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Pada pertengahan 1940-an, John von
Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha
membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai
dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete
Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh
memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan
komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya
kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral
(CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui
satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I)
yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan
model arsitektur von Neumann tersebut.
Baik Badan Sensus Amerika Serikat
dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai
oleh UNIVAC adalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D.
Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Komputer Generasi pertama
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang
berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri
lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat
komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk
penyimpanan data.
·
KOMPUTER
GENERASI KEDUA
Pada tahun 1948, penemuan transistor
sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum
di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik
berkurang drastis.
Transistor mulai digunakan di dalam
komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori
inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,
lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para
pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah
superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand
membuat komputer bernama LARC. Komputerkomputer ini, yang dikembangkan untuk
laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan
yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan
cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi
kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di
Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy
Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua
menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa
yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.
Pada awal 1960-an, mulai bermunculan
komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di
pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang
sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang
dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam
disket, memory, system operasi, dan program.
Salah satu contoh penting komputer
pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri.
Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan computer
generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di
dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan
fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan
harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa
tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau
menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat
itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL)
dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa
pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat,
dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini
memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam
karir baru bermunculan (programmer, analyst,dan ahli sistem komputer).
Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer
generasi kedua ini.
·
KOMPUTER
GENERASI KETIGA
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar,
yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz
rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas
Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit)
di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah
piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian
berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal
yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena
komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer
generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system)
yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara
serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori
komputer.
·
KOMPUTER
GENERASI KEEMPAT
Setelah IC, tujuan pengembangan
menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen
elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan
komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an,Very Large
Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal.
Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut
menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu
keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan
ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan
keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun
1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah
komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output)
dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat
untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah
mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh
kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga
seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic
fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor.
Perkembangan yang demikian
memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan computer biasa. Komputer tidak
lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada
pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka
ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual
dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti
lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word
processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video
game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer
rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan
penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah,
kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di
tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta
PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,
dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi
komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan
komputer yang dapat digenggam (palmtop).
IBM PC bersaing dengan Apple
Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal
karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih
menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan
penggunaan piranti mouse.
Pada masa sekarang, kita mengenal
perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium
II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD
k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.
Seiring dengan menjamurnya
penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial
terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil,
komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu
jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk
dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan
memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk
menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung
(disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon,
jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar.
·
KOMPUTER
GENERASI KELIMA
Mendefinisikan komputer generasi
kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh
imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001 : Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk
melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar
dari pengalamannya sendiri.
Walaupun mungkin realisasi HAL9000
masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah
terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu
meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi
mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh
lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa
pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang
sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.
Banyak kemajuan di bidang desain
komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.
Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang
akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan
sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.
Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik
tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.
Jepang adalah negara yang terkenal
dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT
(Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya.
Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa
informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan
membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi
mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
·
FUNGSI DAN KEGUNAAN KOMPUTER
Fungsi dan Kegunaan Komputer Secara Umum
dapat membantu kita menyelesaikan banyak tugas-tugas kita. Seperti yang telah
anda ketahui, awal mula fungsi komputer berkaitan erat dengan pengolahan
suatu informasi yang mana pengolahan informasi tersebut sangat eksklusif
hubungannya dengan masalah aritmatika. Hal itu terjadi pada awal ditemukannya komputer.
Namun, seiring berjalannya
waktu dan berkembangannya teknologi sekarang komputer tidak hanya untuk menyelesaikan tugas yang berhubungan
dengan aritmatika saja. Beberapa fungsi dan kegunaan komputer
sekarang ini adalah sebagai berikut :
·
Fungsi multimedia, dengan komputer kita dapat mengolah dan mengedit foto,
atau mengolah dan memperbaiki video, juga dapat untuk merekam sebuah lagu. Jadi
kita dapat mengedit foto yang kita sukai agar menjadi lebih baik atau terlihat
lucu. Windows sendiri telah dilengkapi dengan software pengedit photo yang
disebut paint. Namun, kemampuannya masih tergolong rendah jika dibanding dengan
software-software pengedit photo yang terkenal seperti Photoshop maupun
Photoscape.
·
Fungsi hiburan, seperti bermain game, mendengarkan lagu, atau menonton
film. Kita bisa menginstall game pada komputer kita dan memainkannya asal
komputer kita memiliki spesifikasi yang di minta oleh game tersebut.
·
Membantu proses pengajaran. Maksudnya disini adalah dapat membantu
dalam proses presentasi dosen atau mahasiswa. Terkadang mahasiswa juga
menggunakan komputer untuk menyimpan catatan nya (umumnya dalam bentuk e-book)
sebagai ganti buku tulis. Serta fungsi lain mempermudah kan dalam mengerjakan
tugas seperti karya ilmiah atau skripsi
·
Fungsinya
yang pertama yaitu melakukan sistem pemrograman dan pemrosesan sebuah data.
Fungsi yang pertama ini sering digunakan pada aplikasi-aplikasi tentang sistem
informasi, termasuk untuk pembuatan program yang mana dapat membantu memudahkan
pengguna dalam menjalankan sebuah komputer.
·
Fungsi yang erat kaitannya dengan bisnis, contohnya memproses informasi dan
data keuangan sebuah perusahaan, pendataan karyawan, atau media promosi, atau
bisa juga sebagai transaksi online. Dengan adanya komputer, bisnis lebih mudah
dan cepat.
Hardware/Perangkat Keras : adalah sebuah alat/benda yang kita bisa lihat, sentuh,
pegang dan memiliki fungsi tertentu, secara fisik ada wujudnya dan ada
bentuknya.
Perangkat
Hardware terdiri atas 3 jenis, yaitu:
1.
Perangkat masukan (Input device)
Perangkat
masukan berfungsi untuk memasukkan data, baik berupa teks, foto, maupun gambar
ke dalam komputer.Contoh perangkat input misalnya keyboard, mouse, light-pen,
scanner, dan sebagainya.
2.
Perangkat keluaran (Output device)
perangkat
keluaran dipergunakan untuk menampung dan menghasilkan data yang dikeluarkan,
misalnya monitor dan printer.
3.
Perangkat pengolah data (Processor)
Perangkat
pengolah data dipergunakan untuk mengolah data.Pengolah data meliputi unit
pengolah pusat (CPU/Central Processing Unit) dan juga mikroprosesor.
Macam-macam
perangkat keras (hardware):
1.
CPU (Central Processing Unit)
Merupakan
alat yang berfungsi sebagai pemroses data.CPU berisi rangkaian sirkuit yang
menyimpan instruksi-instruksi pemrosesan dan penyimpanan data.
2.
Monitor
Merupakan
alat yang mampu menampilkan teks maupun gambar dari data yang sedang diproses
dalam CPU.
3.
Keyboard
Keyboard
merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU, biasanya terdiri
atas rangkaian huruf, angka, dan tombol fungsi lainnya.
4.
Mouse
Mouse
merupakan alat bantu untuk memberikan perintah dalam memproses data atau
mengedit data.
5.
Printer
Priter
merupakan alat yang memproduksi keluaran data (output) berbentuk cetak, berupa
teks maupun gambar/grafik.
6.
CD ROM
Alat tambahan
(alat peripheral) yang mampu menyimpan dan menuliskan data dan program melalui
media CD (Compact Disk).Alat ini didesain mampu menuliskan dan membaca data
atau program melalui sistem optik.
7.
Compact Disk (CD)
Media
penyimpanan yang terbuat dari bahan plastik.Proses penyimpanan dan pembacaan
data menggunakan sistem optik.
8.
Floppy Disk
Floppy disk
merupakan alat tambahan untuk menyimpan atau menuliskan ke dalam disket maupun
sebaliknya, ukuran yang umum digunakan adalah ukuran 3,5 inchi.
9.
Hardddisk
Harddisk
merupakan alat tambahan untuk menyimpan data dalam kapasitas besar yang
dilapisi secara magnetis, saat ini perkembangan harddisk sangat cepat dari daya
tampung dan kecepatan membaca data.Perlu kalian ketahui saat ini harddisk
memang mutlak ada dalam setiap computer atau laptop sebagai penyimpan sistem
operasi yang permanen.
10.
Scanner
Scanner
merupakan alat Bantu untuk memasukkan data berupa gambar atau grafik dan
mengubahnya ke dalam bentuk digital sehingga dapat diproses dan digabungkan
dengan bentuk data yang berupa teks.
11.
USB Flasdiks
Flasdisk
merupakan tempat penyimpanan data yang paling digemari karena kapasitasnya yang
besar dan beragam selain itu ukurannya yang kecil memudahkan kita untuk
membawanya kemana-mana, hadirnya flasdisk telah menggantikan floppy disk yang
dulu sering digunakan untuk penyimpanan data yang portable, kapasitas minimum
flashdis adalah 128mb sedangkan untuk kapasitas maksimumnya bisa mencapai 40
Gb, lebih kecil dibanding Hardisk External yang kapasitasnya bisa mencapai 1
tera bite (1000 Gb).
Software/Perangkat Lunak : adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur
oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa
program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware
atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan
suatu perintah.
Karena
disebut juga sebagai perangkat lunak, maka sifatnya pun berbeda dengan hardware
atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang
nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh secara langsung manusia, maka
software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik,
software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda namun
bisa untuk dioperasikan.
Jenis-jenis Software atau Perangkat Lunak :
Software
atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi
beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware,
free software, shareware, adware) .
Software berbayar
Software
berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan
komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software
tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya.
pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk
menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada
penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft
windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
Freeware
Freeware atau
perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis
digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan
penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau
untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat
perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun
juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki
kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan
gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail
client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software
Free
Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis.
Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak
sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan:
program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan,
disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software
tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu
keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan
perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi
ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi
perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan
yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata
free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena
itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas,
sama seperti Freeware tidak harus gratis.
Shareware
Shareware
juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program
terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan
fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang
ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan
untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari
program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak
antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk
evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati
maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda
ingin tetap menggunakannya.
Kita juga
dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program
periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas
adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat
lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.
PENUTUP
Perkembangan komputer dari masa ke masa selalu
mengalami peningkatan. Pada awalnya komputer bukanlah alat yang diciptakan
untuk berbagai kegunaan seperti yang kita amati pada zaman sekarang. Dulu
komputer diciptakan hanya sebagai alat untuk mempermudah dalam penghitungan
atau lebih mudahnya sebagai mesin hitung matematika. Tetapi seiring dengan
perkembangan zaman komputer ini terus berevolusi menjadi mesin serba guna
khususnya pada bidang industri dan penelitian. Komputer juga mempunyai
perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang saling
berkaitan. Pengertian Hardware atau Perangkat Keras adalah komponen pada komputer yang
dapat terlihat dan disentuh secara fisik. Pengertian Software
atau Perangkat Lunak adalah data-data yang terdapat pada sebuah komputer yang
diformat kemudian disimpan secara digital.
untuk mengunduh makalah ini klik disini
0 komentar:
Posting Komentar